Pengalaman Membuat Crepe Oreo

08.11 Titi Setiyoningsih 0 Comments



Kemarin dulu aku bikin Crepe Oreo, resepnya ku dapatkan dari internet (idntimes.com). Aku coba dan emang gampang banget bikinnya dan kata suamiku hasilnya enak.
Nah, bahan yang kamu butuhkan buat bikin crepes-nya:
-   110 gram tepung terigu (kalau tidak ada timbangan, terigunya itu kira-kira isi penuh 1 gelas biasa)
-   4 sendok makan gula pasir
-   ¼ sendok teh garam
-   3 butir telur
-   3 sendok makan mentega dilelehkan
-   300 ml susu putih (1 gelas biasa itu isinya 200 ml, jadi bisa dikira-kira susunya sebanyak 1 ½         gelas)
-   5 pasang bagian hitam oreo, haluskan (menggunakan blender atau kalau tidak ada blender ya            pakai ulekan sambel dan tumbuk sampai halus).

Selain itu kamu juga butuh bahan-bahan untuk membuat vla (kalau kalian pakai whipped cream instan, kalian tidak perlu bikin vla):
-   4 sendok tepung terigu
-   8 sendok makan gula pasir
-   ¼ sendok teh garam
-   2 sendok makan mentega dilelehkan
-   250 ml susu putih
-   5 buah krim putih oreo

Adonan Crepe.
1.      Campurkan tepung terigu, gula, garam, dan bubuk oreo hitam ke dalam mangkuk besar. Aku pakai sendok buat mencampur rata bahan kering ini.
2.      Campurkan telur, susu, dan mentega yang telah dilelehkan. Aduk menggunakan wiskas atau sendok, aduk terus hingga tercampur seluruhnya.
3.   Tuangkan bahan cair tadi ke dalam mangkuk berisi bahan kering. Kemudian aduk hingga tercampur rata, jangan ada tepung yang masih menggumpal. Kalau aku karena nggak sabar akhirnya pakai blender untuk mencampur bahan-bahan tadi (harusnya pakai mixer, tapi berhubung belum punya ya manfaatkan apa pun yang ada di dapur).
4.   Setelah tercampur rata dan halus, tuangkan adonan dari blender ke dalam mangkuk, lalu simpan di dalam kulkas selama 1 jam.
5.      Setelah 1 jam, ambil adonan dari dalam kulkas kemudian buatlah crepe menggunakan teflon dengan api kecil. Saranku goyang-goyang adonan saat memasak di teflon, gunakan spatula berbahan plastik.

Adonan Vla.
1.     Campurkan tepung terigu, gula, garam, dan krim oreo ke dalam mangkuk.
2.     Campurkan telur, susu, dan mentega yang dilelehkan.
3.     Tuangkan bahan cair tadi dengan bahan kering, aduk hingga halus (aku pakai blender lagi).
4.     Panaskan adonan tadi dengan api kecil, untuk tempatnya aku pakai teflon. Aduk terus hingga      adonan mengental, setelah itu dinginkan.

Adonan crepe matang sudah terkumpul, setelah itu oleskan vla ke masing-masing lembar crepe. Tumpuk lembar demi lembar hingga habis. Taburkan bubuk oreo hitam di bagian paling atas vla kalau masih ada sisa oreo ya. Setelah itu, simpan crepe oreo kalian yang sudah jadi dan tertumpuk rapi ke dalam kulkas agar semakin enak ketika dinikmati.
Kendalaku tadi adalah pas bikin adonan crepe, adonan pertama dan kedua sobek dan gagal karena pakai spatula kayu. Setelah pakai spatula berbahan plastik adonanku jadi nggak sobek lagi dan berhasil. Kuncinya api kompor setel ke yang paling kecil, goyang adonan secara rata di atas teflon, dan pelan-pelan waktu membalik adonannya ya.
Awalnya juga ku pikir ini bakal gagal, apalagi adonan vla-ku rasanya kurang menarik hasilnya, tapi ternyata rasanya enak dan suami suka. Kenapa aku bikin vla sendiri? Karena suami nggak suka sama whipped cream, jadi aku ganti pakai vla bikinan sendiri. Kalau kalian suka whipped cream malah gampang, banyak whipped cream bubuk instan di toko roti. Bikinnya pun gampang, nggak seribet kalau bikin vla sendiri.
Selama mencoba ya!  

You Might Also Like

0 komentar: